Tinjauan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Pandanwangi Kota Malang

Tinjauan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di

Puskesmas Pandanwangi Kota Malang

Suhartinah, Femmy Anggriyani

ABSTRAK

Latar Belakang: Pelayanan Kesehatan Nasional merupakan suatu sistem pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan derjat kesehatan masyarakat secara optimal. Untuk dapat mewujudkan suatu pelayanan kesehatan yang optimal diperlukan system pelayanan yang mengatur tentang prosedur pelayanan, baik dari bidang medis maupun non medis atau administrasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas Pandanwangi menggunakan metode penelitian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Metode: Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, data yang diambil dari unit rekam medis RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang dibagian Penyimpanan Dokumen Rekam Medis (Filling). data yang dikumpulkan berasal dari dokumen rekam medis rawat inap, kemudian dilakukan identifikasi perhitungan prosentase kelengkapan dan ketidaklengkapan lembar formulir rekam medis rawat inap. Data disajikan dalam bentuk tabel untuk menilai tingkat kelengkapan keterisian formulir rekam medis rawat inap di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pelayanan di Puskesmas Pandanwangi ada pada kategori B dengan nilai interval Ilmu Kesehatan Masyarakat 75,75. Kesimpulan: Maka dari itu sebaiknya pihak Puskesmas Pandanwangi mempertahankan pelayanan yang sudah memuaskan ini. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM).

Tinjauan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Pandanwangi Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *