Tinjauan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di
Puskesmas Pandanwangi Kota Malang
Suhartinah, Femmy Anggriyani
ABSTRAK
Latar Belakang: Pelayanan Kesehatan Nasional merupakan suatu sistem pelayanan yang
bertujuan untuk meningkatkan derjat kesehatan masyarakat secara optimal. Untuk dapat
mewujudkan suatu pelayanan kesehatan yang optimal diperlukan system pelayanan yang
mengatur tentang prosedur pelayanan, baik dari bidang medis maupun non medis atau
administrasi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan di
Puskesmas Pandanwangi menggunakan metode penelitian Ilmu Kesehatan Masyarakat
(IKM).
Metode: Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, data yang diambil dari unit rekam medis RSUD
Kanjuruhan Kabupaten Malang dibagian Penyimpanan Dokumen Rekam Medis (Filling).
data yang dikumpulkan berasal dari dokumen rekam medis rawat inap, kemudian dilakukan
identifikasi perhitungan prosentase kelengkapan dan ketidaklengkapan lembar formulir
rekam medis rawat inap. Data disajikan dalam bentuk tabel untuk menilai tingkat
kelengkapan keterisian formulir rekam medis rawat inap di RSUD Kanjuruhan Kabupaten
Malang.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pelayanan di Puskesmas Pandanwangi ada pada
kategori B dengan nilai interval Ilmu Kesehatan Masyarakat 75,75.
Kesimpulan: Maka dari itu sebaiknya pihak Puskesmas Pandanwangi mempertahankan
pelayanan yang sudah memuaskan ini.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM).
Tinjauan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Pandanwangi Kota Malang
Tinggalkan Balasan