Tinjauan Ketepatan Waktu Menurut Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Tinjauan Ketepatan Waktu Menurut Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dalam
Pembuatan Entry Data Pasien Baru Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah
Kanjuruan Kabupaten Malang

Ali Hanafiah, Femy Anggriyani, Ach. Choirul

ABSTRAK

Ketepatan waktu dalam kegiatan pendaftaran pasien merupakan salah satu tolak
ukur utama terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit. Dalam kegiatan pendaftaran
pasien sendiri ada tahapan entry data yang sering menjadi penghambat dalam
kegiatan pendaftaran pasien. Karena itu peneliti akan mengkaji ketepatan waktu di
RSUD Kanjuruan Kabupaten Malang apakah sudah sesuai dengan SOP atau belum.
Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif untuk menghitung ketepatan
waktu dalam proses pendaftaran pasien. Berdasarkan hasil penelitian sebanyak 80%
kegiatan pendaftaran masih belum sesuai dengan SOP yakni tidak lebih dari 3,5 menit.
Sehingga kualitas pendaftaran pasien baru di RSUD Kanjuruan Kabupaten Malang
masih sangat rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya pelatihan terkait
pengetikan menggunakan 10 jari di RSUD Kanjuruan Kabupaten Malang.
Kata Kunci : Ketepatan Waktu, SOP, Pendaftaran Pasien, Rumah Sakit

 

ABSTRACT

Timeliness in patient registration activities is one of the main benchmarks for the
quality of service in the hospital. In the patient registration activity itself there is a data
entry stage which is often an obstacle in the patient registration activity. Therefore,
researchers will examine the timeliness in Malang District Kanjuruan Hospital
whether it is in accordance with the SOP or not. The research method used is
quantitative to calculate the timeliness in the patient registration process. Based on the
results of the study as much as 80% of registration activities are still not in accordance
with the SOP which is no more than 3.5 minutes. So that the quality of the registration
of new patients in Malang District Kanjuruan Hospital is still very low. To overcome
this, there needs to be training related to typing using 10 fingers at the Kanjuruan
Regional Hospital in Malang Regency.
Key words: Timeliness, SOP, Patient Registration, Hospita

Tinjauan Ketepatan Waktu Menurut Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dalam Pembuatan Entry Data Pasien Baru Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruan Kabupaten Malang