Perancangan Outguide

Perancangan Outguide Dalam Upaya Optimalisasi Pengelolaan Dokumen Rekam Medis di Puskesmas Bareng Kota Malang

Arief , Elisabet, Tri Murni, Suhartinah

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan puskesmas adalah bagian salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang kesehatan masyarakat. Hal ini dikarenakan puskesmas merupakan lembaga kesehatan yang dekat dengan masyarakat di segala lapisan. Karena itu penting untuk meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan di puskesmas. Berdasarkan hasil identifikasi masalah yang dilakukan tim pengabdian masyarakat, di puskesmas Bareng Kota Malang masih terdapat beberapa masalah. Mulai dari tidak tersedianya outguide dan SDM yang kurang memahami pentingnya outguide terutama dalam pengelolaan berkas rekam medis pasien. Melihat masalah tersebut, tim mulai membuat beberapa solusi untuk mengatasi masalah di puskesmas Bareng Kota Malang. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 1 Oktober s/d 31 Oktober tahun 2017 mulai dari perancangan outguide, pelatihan penerapan outguide, sampai pada pendampingan yang dilakukan agar implementasi outguide dapat berjalan sesuai harapan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan tim, disimpulkan bahwa kegitan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Masalah-masalah yang sebelumnya ditemukan sudah berhasil diatasi, terutama untuk bagian rekam medis yang dapat mengimplementasikan outguide yang dirancang dengan baik sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas Bareng Kota Malang dapat meningkat. Kata Kunci : Outguide, Berkas Rekam Medis, Puskesmas, Kesehatan

ABSTRACT

Health service health centers are part of one of the things that is very important in supporting public health. This is because health centers are medical institutions closer to the people in all walks of life. It is therefore important to improve the performance of health services in health centers. Based on the results idetntifikasi problems that do community service team, in the clinic Together Malang there are still some problems. Starting from the unavailability of human resources less outguide and understand the importance of outguide especially in the management of the patient’s medical record file. Seeing the problem, the team began to create some solutions to solve problems in health centers Bareng Malang. This activity is carried out for 1 months at 1 October till 31 October 2017 from design outguide, outguide deployment training, until the mentoring is done so that implementation can outguide run as expected. Based on the analysis made by the team, it was concluded that the activity carried out can be run well. The problems previously found has been corrected and HR employees, especially the medical record can implement outguide designed so that the health care provided Bareng health centers Malang can be increased. JPKEMAS STIA MALANG TAHUN 2019 2 Keywords: Outguide, File Medical Records, Health Center, Health

Perancangan Outguide Dalam Upaya Optimalisasi Pengelolaan Dokumen Rekam Medis di Puskesmas Bareng Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *