UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PENGENDALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP

UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PENGENDALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI PUSKESMAS ARDIMULYO SINGOSARI

Ali Hanafiah, Djoko Wahyudi

ABSTRAK

Buku ekspedisi merupakan bukti serah atau terima dokumen rekam medis untuk
keperluan pelayanan kesehatan pasien. Hasil pengamatan tim PKM STIA Malang di puskesmas Ardimulyo Singosari menemukan bahwa di Puskesmas Ardimulya Singosari masih belum memiliki buku ekspedisi untuk pengendalian dokumen rekam medis (DRM).
Selain itu, para pegawai bagian rekam medis juga belum memiliki keterampilan yang cukupdalam menggunakan buku ekspedisi dokumen rekam medis. Untuk mengatasi masalahtersebut, tim PKM STIA Malang melaksanakan beberapa kegiatan. Kegiatan dilakukan padatanggal 2 September s/d 2 November 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Puskesmas Ardimulyo terutama pada bagian pengelolaan dokumen rekam medis agar pelayanan kepada pasien tidak terlambat. Kegiatan pertama adalah
perancangan, yaitu perancangan buku ekspedisi untuk peminjaman dan pengembalian dokumen rekam medis. Kegiatan kedua adalah pelatihan dan pendampingan pengisian buku ekspedisi DRM. Berdasarkan hasil pendampingan dan pengawasan yang dilakukan, tim PKM telah berhasil membantu mengatasi masalah yang terjadi di Puskesmas Ardomulyo Singosari.
Puskesmas kini telah memiliki buku ekspedisi DRM yang dapat digunakan dengan baik oleh pegawai bagian rekam medis. Hal itu juga berakibat peningkatan pelayanan kepada pasien.
Kata Kunci : Peningkatan Pelayanan, Dokumen Rekam Medis, Puskesmas

ABSTRACT

Expedition book is proof of handover or receiving medical record documents for patient health services. Observation of PKM STIA Malang team at Ardimulyo Singosari community health center found that Ardimulya Singosari community health center still did not have an expedition book for controlling medical records (DRM). In addition, the employees of the medical records section also do not have sufficient skills in using medical record document expedition books. To overcome this problem, the STM Malang PKM team carried out several activities. The activity was carried out from September 2 to November 2, 2019. This activity aimed to improve health services in the Ardimulyo community health center, especially in the management of medical record documents so that services to patients were not late. The first activity is the design, namely the design of expedition books for borrowing and returning medical record documents. The second activity is training and assistance in filling out the DRM expedition book. Based on the results of the assistance and supervision carried out, the PKM team has succeeded in helping to overcome the problems that occur at the Ardomulyo ISSN 2715 – 9388 2 JPKEMAS STIA MALANG TAHUN 2020 Singosari Community Health Center. The Community Health Center now has a DRM expedition book which can be used properly by medical records staff. It also resulted in increased service to patients. Keywords: SOP, Tracer, Medical Record, Puskesmas

UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN MELALUI PENGENDALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI PUSKESMAS ARDIMULYO SINGOSARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *