Peningkatan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Melalui Pelatihan Petugas TPPRJ

Peningkatan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Melalui Pelatihan Petugas TPPRJ Puskesmas Pandanwangi Kota Malang

Suhartinah, Ervita Nindy

ABSTRAK

Tingkat kepuasan pasien sangat penting bagi Puskesmas karena apabila pasien merasa puas,
pasien akan berobat kembali dan menginformasikan hal baik tentang Puskesmas kepada
masyarakat. Pada penelelitian ini menggunakan teori Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang
mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor
KEP/25/M.PAN/2004, kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur yang relevan, valid, dan
reliabel, sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran indeks kepuasan
masyarakat. Indeks kepuasan masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan
masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas
pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik dengan membandingkan antara
harapan dan kebutuhannya. Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk
mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan
kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pasien rawat jalan di Puskesmas Pandanwangi Kota
Malang dalam waktu satu bulan rata-rata berjumlah 3.120 orang. Metode pengambilan sampel
menggunakan metode Indeks Kepuasan Masyarakat. Responden ditetapkan minimal 150 orang
dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan
analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien Rawat Jalan, Indeks Kepuasan Masyarakat

ABSTRACT

The level of patient satisfaction is very important for the Puskesmas because if the
patient is satisfied, the patient will return for treatment and inform the community about
good things about the Puskesmas. This research uses the theory of the Community
Satisfaction Index (IKM) which refers to the Decree of the Minister of Administrative
Reform Number KEP/25/M.PAN/2004, then developed into 14 elements that are relevant,
valid, and reliable, as the minimum elements that must exist for the basis for measuring
the community satisfaction index. The community satisfaction index is data and
information about the level of community satisfaction obtained from the results of
quantitative and qualitative measurements of people’s opinions in obtaining public
services by comparing their expectations and needs. The Community Satisfaction Index
(IKM) survey aims to determine the level of performance of service units on a regular
basis as a material for determining policies in order to improve the quality of public
services in the future. This type of research is descriptive quantitative. The population of
outpatients at the Pandanwangi Public Health Center in Malang City in one month is an
average of 3,120 people. The sampling method used the Community Satisfaction Index
method. Respondents are set at least 150 people from the total population. Data was
collected through the distribution of questionnaires. While the data analysis used
descriptive statistics.
Keywords: Outpatient Satisfaction, Community Satisfaction Index

Peningkatan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Melalui Pelatihan Petugas TPPRJ Puskesmas Pandanwangi Kota Malang


Download

totoagung togel online resmi bandar toto toto togel situs toto pay4d slot idn slot online slot bonus situs toto situs idn toto situs gacor idn live toto slot login totoagung login situs 4d situs toto slot totoagung2 bandar togel slot server thailand idn slot

slot gacor 4d
link bandar togel
agen toto slot
situs toto
situs toto
situs slot gacor
restoslot4d
idn toto
gacor4d
slot gacor 4d
toto togel
gacor4d
situs toto
slot gacor 4d
agen toto
mahjong ways 2
gacor4d
situs gacor4d
slot gacor 4d
situs toto
amintoto login