EVALUASI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN

ANALISIS WAKTU PENGEMBALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PANDANWANGI KOTA MALANG

Ali Hanafiah, Femy Anggriyani, Ach. Choirul

ABSTRAK

Pelayanan Kesehatan Nasional merupakan suatu sistem pelayanan yang
bertujuan untuk meningkatkan derjat kesehatan masyarakat secara optimal.
Untuk dapat mewujudkan suatu pelayanan kesehatan yang optimal diperlukan
system pelayanan yang mengatur tentang prosedur pelayanan, baik dari bidang
medis maupun non medis atau administrasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui
nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas Pandanwangi
menggunakan metode penelitian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Jenis
penelitian studi kasus dengan metode jenis analisis kuantitatif. Responden
penelitian adalah Pasien rawat jalan yang berjumlah 150 orang responden.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian quisioner yang terdiri dari
14 pertanyaan yang sudah tertera dalam Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM). Hasil
penelitian menunjukkan pelayanan di Puskesmas Pandanwangi ada pada
kategori B dengan nilai interval Ilmu Kesehatan Masyarakat 75,75. Maka dari itu
sebaiknya pihak Puskesmas Pandanwangi mempertahankan pelayanan yang
sudah memuaskan ini.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM).

ANALISIS WAKTU PENGEMBALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN