ANALISIS PERSIAPAN AKREDITASI RUMAH SAKIT VERSI “SNARS I”

ANALISIS PERSIAPAN AKREDITASI RUMAH SAKIT
VERSI “SNARS I” PADA STANDAR MANAJEMEN INFORMASI & REKAM
MEDIS

Yolanda Elizeba A.P ,Tri Murni

ABSTRAK

Pelayanan Kesehatan Nasional merupakan suatu sistem pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan derjat kesehatan masyarakat secara optimal.
Untuk dapat mewujudkan suatu pelayanan kesehatan yang optimal diperlukan system pelayanan yang mengatur tentang prosedur pelayanan, baik dari bidang medis maupun non medis atau administrasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas Pandanwangi menggunakan metode penelitian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Jenis penelitian studi kasus dengan metode jenis analisis kuantitatif. Responden penelitian adalah Pasien rawat jalan yang berjumlah 150 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian quisioner yang terdiri dari 14 pertanyaan yang sudah tertera dalam Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM). Hasil penelitian menunjukkan pelayanan di Puskesmas Pandanwangi ada pada kategori B dengan nilai interval Ilmu Kesehatan Masyarakat 75,75. Maka dari itu sebaiknya pihak Puskesmas Pandanwangi mempertahankan pelayanan yang sudah memuaskan ini.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Ilmu Kesehatan Masyrakat (IKM).

ANALISIS PERSIAPAN AKREDITASI RUMAH SAKIT
VERSI “SNARS I” PADA STANDAR MANAJEMEN INFORMASI & REKAM
MEDIS